Level Tingkatan dalam Bisnis Hosting

Berikut ini adalah sebuah bisnis hosting di dasarkan pada skill yang bergantung pada level tingkatan nya:

Reseller Hosting

Bagi anda yang hanya punya modal minimal dan skill minimal tapi ingin memulai bisnis ini anda bisa mulai dengan mengambil paket Reseller Hosting di salah satu provider hosting yang ada. tentunya terlebih dulu anda juga harus tahu kapasitas host tersebut tentang informasi-informasi berupa dukungan hardware, software serta pendukung lainnya berupa support. Reseller juga ada 2 macam berdasarkan produk yang dijual, yaitu reseller domain dan reselller hosting. Dalam tahapan awal ini, anda cukup registrasi ke domain resell yang memberikan free registrasi dan selanjutnya tinggal jual saja. anda akan mendapatkan billing, retailler dan sub reseller system jadi satu minimal anda modal domain saja. tapi umumnya anda harus deposit atau bayar biaya tahunan untuk mendapatkan program reseller domain ini.

VPS

setelah anda puas dengan beberapa klien untuk menopang kelangsungan bisnis anda pada level ini anda bisa naik pada level berikutnya, yaitu membeli sebuah VPS. Dengan VPS selayaknya anda mempunyai server sendiri yang bisa anda operasikan sesuka hati, untuk VPS yang sudah komplit yang telah terinstall control panel( cPanel, Directadmin, Plesk, dll ) anda bisa membuat paket resell dan web hoster namun pada level ini butuh sedikit tambahan skill untuk pengelolaan server umumnya RTFM saja juga bisa. Dan biasanya pembelian VPS ada yang paketan dengan control panel (satu harga) tapi ada pula disendirikan dan anda harus memesan lisensi control panel dengan harga berbeda.

Apa itu Overselling?

Overselling adalah tindakan menjual lebih banyak bandwidth dan ruang disk dari yang Anda benar-benar telah tersedia. Setiap web host oversells tetapi hanya menjadi negatif ketika overselling ini menyakitkan stabilitas mereka menyebabkan mereka kehilangan lebih banyak pelanggan kemudian mendapatkan. Akhir-akhir ini ini telah menjadi masalah besar di industri hosting sebagai banyak host baru telah muncul bahwa tingkat realistis biaya dan menjejalkan ribuan orang di server hanya untuk memilikinya kecelakaan terus-menerus dan mendorong pelanggan mereka gila.

Contoh overselling adalah jika Anda membeli paket reseller dengan ruang disk 1GB dan bandwidth 1GB. Kemudian Anda menjual 10 pelanggan Anda paket hosting dengan disk space 1GB dan bandwidth 1GB. Jadi Anda telah menjual 10GB disk space dan 10GB bandwidth tetapi hanya benar-benar memiliki 1GB masing-masing. Ini bekerja karena tidak ada yang menggunakan jumlah penuh hosting mereka dan banyak yang tersisa. Hal ini juga bekerja karena ruang disk dan bandwidth mendapatkan begitu murah. Apa yang tampaknya terjadi di industri hosting adalah bahwa yang lebih penting dari rencana hosting adalah berapa banyak orang host Anda macet ke server dan jika CPU dan memori bisa mengatasinya.

Back to home