PANDUAN SINGKAT INSTALLASI WORDPRESS DI CPANEL HOSTING

Cara membuat website dengan menggunakan WordPress di hosting sendiri sebenarnya cukup mudah sekali hanya 1-2 klik saja. Bahkan waktu yang dibutuhkan untuk installasinya tidak akan sampai setengah jam dan website kita sudah bisa online. Oleh karena itu, kita dapat menggunakan dengan bantuan aplikasi auto installer seperti softaculous, fantastico, quickinstall atau aplikasi lainnya, dimana software auto installer ini juga sudah terdapat di dalam rangkaian fitur cPanel.

Pada kesempatan ini kami akan membahas khusus yang Softaculous saja, sebab lebih populer dibanding aplikasi lainnya. Untuk yang lain langkah-langkahnya hampir juga sama..

1. Login ke Control Panel

Masuk ke cPanel, lalu ketik url panel anda di browser internet, contoh: http://unmetered.co.id/cpanel atau http://cpanel.unmetered.co.id/ atau http://namadomain.com:2082, kemudian masukkan username dan password cPanel Hosting yang telah anda dapat dari Penyedia Hosting Anda. Biasanya informasi tentang username dan password untuk masuk ke cPanel sudah terdapat pada “Email Informasi Aktivasi Akun Hosting” atau jika anda member client kami, maka anda dapat login otomatis melalui billing system kami.

2. Aplikasi Softaculous

Cari aplikasi Softaculous pada halaman cPanel anda. Klik dan kemudian Anda akan diarahkan pada halaman pilihan aplikasi website, pilih platform WordPress dan cari logo WordPress dengan huruf “W”. Klik dan Anda akan akan langsung diarahkan pada halaman penginstalan WordPress.

Softaculous

3. Install Wordpress

Selanjutkan anda Klik tab INSTALL untuk membuka halaman form penginstalan WordPress.

install Wordpress

4. Isi Form Installasi

Silahkan isi data-data pada form installasi WordPress di bawah ini, dan pastikan isi dengan lengkap. Jika tidak, maka proses instalasi akan gagal.

install Wordpress

keterangan isi:

Choose protocol, pilih salah satu http:// atau http://www, dan jika domain Anda mendukung SSL, maka gunakan yang HTTPS. Namun jika Anda belum paham maksud dari penggunaan protokol ini, lebih baik untuk awal-awal pilih yang HTTP biasa saja.
Choose domain, Tulis nama domain anda yang akan diinstal WordPress
In directory, di kosongkan saja
Site name, isi dengan nama atau judul situs Anda
Site description, berisi uraian penjelasan singkat tentang situs Anda
Username, nama pengguna untuk login ke halaman dashboard admin WordPress (tips, hindari penggunaan kata “ADMIN”)
Password, kata sandi untuk login
Email, masukan alamat email yang masih aktif, karena nantinya segala notifikasi default dari situs, akan dikirimkan ke alamat email ini

Jika itu semua sudah diisi, klik tombol “INSTALL” yang terletak pada bagian bawah form.

Harap diingat, biasanya bagi yang masih pertama kali melakukan penginstalan ini, lupa mengosongkan kolom “IN DIRECTORY”, sehingga begitu proses instalasi selesai, begitu mencoba akses alamat situsnya, blank.. situsnya tidak menampilkan apa-apa. Hal ini dikarenakan WordPress terinstal pada Sub Directory, alih-alih di situs utama..

Gimana sobat ? cukup mudah bukan..., hanya 1 klik INSTALL saja, website anda sudah jadi. Wassalam...

Back to home