MACAM JENIS LAYANAN PRODUK SERVER HOSTING

Provider webhost adalah penyedia jasa layanan internet yang menyediakan resource server-server untuk disewakan diperuntukkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS. Penyedia webhost terdiri dari sebuah server atau gabungan server-server yang terhubung dengan sebuah jaringan internet berkecepatan tinggi.

Ada beberapa jenis layanan host yaitu hos berbagi, server dedikasi, VPS, dan server kolokasi.

Shared Hosting

Host berbagi adalah layanan hosting di mana sebuah account client ditaruh bersama-sama beberapa akun client lainnya kedalam satu server yang sama, dan memakai pelayanan bersama-sama. Jika kita gambarkan dalam 1 rumah terdapat banyak orang yang kost/sewa kamar

Server Dedicated ( VPS )

Dedicated Server adalah server yang dipergunakan untuk menjalankan aplikasi dengan beban tinggi dan tidak bisa dioperasikan dalam host berbagi shared atau VPS. Server-server tersebut bisa disediakan sendiri oleh penyewa atau dipinjamkan dari pemilik lokasi pusat data kepada penyewa. Sedangkan Server maya terdedikasi (VPS), server ini dibuat dengan melakukan proses virtualisasi sistem operasi yang dipergunakan. Oleh sebab itu maka di dalam VPS terdapat beberapa sistem operasi yang berjalan secara bersamaan

Colocation

Colocation adalah sebuah ruangan atau tempat yang digunakan untuk meletakkan server secara bersama sama dalam sebuah gedung pusat data (data center). Server-server tersebut dipergunakan untuk berbagai macam kebutuhan IT, seperti hosting, penyimpanan data suatu perusahaan, server VPN dan berbagai macam kebutuhan IT perusahaan yang lainnya.

Server Colocation

Server Colocation adalah server yang dititipkan pada suatu tempat penyedia jasa internet dimana penyedia jasa internet tersebut memberikan arus listrik, koneksi internet, dan pendingin ruangan (AC), dan rack tempat meletakkan server dan sarana lainnya. Server tersebut sepenuhnya milik pelanggan dan dikelola sendiri oleh pelanggan. Jadi Pelanggan bisa membawa komputer server sendiri dari rumah dan tidak diharuskan menyewa server pada penyedia jasa internet.

Demikian ulasan singkat perihal berbagai macam kebutuhan di dalam dunia IT dan semoga bermanfaat, Wassalam...

Back to home