APA ITU WEBSITE ? APA PENGERTIAN DARI WEBSITE ?

Pengertian dan arti website statis dan dinamis, Belajar HTML, PHP, CSS, MYSQL
Website merupakan suatu situs halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet dan dapat diakses oleh masyarakat di seluruh dunia selama terkoneksi ke dalam jaringan internet. Website adalah sekumpulan komponen terdiri atas susunan media dari teks, gambar, foto, suara, animasi, video yang berisi berbagai macam informasi dan pengetahuan yang ada di dalam dunia maya.

Berdasarkan content management system, website di bedakan menjadi :

– Website Statik (Static Website)

Website ini merupakan situs web yang langsung ditulis ke dalam bentuk format HTML dan berbentuk sederhana dan content atau isinya tidak berubah – ubah. Maksudnya adalah isi dari dokumen yang ada di web tersebut tidak dapat diubah secara mudah.. Karena script yng digunakan untuk membuat web statis ini seperti HTML dan Cascading Style Sheet atau biasa disebut dengan CSS. Maka dari itu untuk perubahan isi dokumen pada web statis harus mengubah isi file HTML atau CSS tersebut. Tentunya bagi orang awam atau orang yang tidak mengerti soal program atau script HTML dan CSS akan sangat sulit sekali dilakukan. Untuk itu jika kita ingin mengubah dokumen web statis harus mengerti benar scipt HTML atau CSS atau sering disebut programmer yang dapat melakukan perubahan isi dokumen sebuah web statis.

– Website Dinamis (Dinamic Website)

Web Dinamis adalah Web yang content atau isinya dapat berubah – ubah setiap saat. Karena dalam teknologi pembuatan web dinamis sudah dirancang semudah mungkin bagi user yang menggunakan web dinamis tersebut. web dinamis ini ditulis dalam bentuk bahasa pemrograman dan database, seperti PHP, ASP, Javascript, Ajax, jQuery dan MySQL. Jadi untuk mengubah content atau isi dokumen dalam sebuah web dinamis tidak perlu memiliki keahlian programming atau seorang programmer saja yang dapat mengubah isi dokumen pada web dinamis. Untuk membuat web dinamis diperlukan beberapa komponen yaitu client side ?scripting ( HTML, JavaScript, Casing Style Sheet atau CSS) dan server side scripting seperti PHP dan program basis data seperti database MySQL untuk menyimpan data – data yang ada di web dinamis. Dalam perkembangannya web dinamis menggunakan CMS sebagai back-end untuk administrator web tersebut. Salah satu yang paling terkenal karena sangat SEO Friendly adalah WordPress. CMS lain adalah Joomla, Drupal, CMS simple, Aura CMS dan platform lainnya.

Web Dinamis ini banyak sekali bertebaran di internet seperti Web Berita, Personal Blog, Toko Online Store, Situs Pasang Iklan, dll.

Back to home