TIPS MEMILIH WEB HOSTING HANDAL DAN TERBAIK

Pemilihan penyedia web hosting yang salah bisa saja membuat website kita jadi buruk dan tidak bekerja maksimal sehingga merugikan kita. Untuk menghindari hal ini, maka Anda harus memiliki beberapa trik untuk memilih jasa penyedia web hosting yang baik. Berikut beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk memiih penyedia jasa web hosting yang dapat diandalkan dan mampu membuat website Anda bekerja optimal. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam memilih web hosting sebelum kita membeli:

Harga dan kuota
Harga sangat menentukan dalam menentukan pilihan, jangan sampai kita boros dan menghamburkan uang dengan sia-sia alias buang-buang duit, Teliti dengan seksama harga dan kuota yang ditawarkan oleh penyedia web hosting dan samakan dengan modal keuangan kita sesuai dengan kebutuhan saja. Maka jangan sekali-kali terbuai dengan harga yang super murah yang ditawarkan oleh jasa penyedia hosting. Teliti kembali promo yang diberikan, apakah memang wajar atau tidak. Bisa jadi promo murah bisa menjadikan layanan buruk kepada website dan akan merugikan Anda. Intinya "Ada harga maka Ada Rupa Barang"

Kuota Ruang Penyimpanan
Kapasitas Disk Apace dan Bandwidth sangat penting dipertimbangkan, pastikan kapasitas ruang penyimpanan mencukupi dalam menampung file-file website anda, serta pertimbangkan juga untuk memilih kapasitas disk space dan bandwith untuk website yang akan berkembang dalam kurun waktu beberapa bulan kedepan. Pastikan seberapa besar kebutuhan kita akan website kita sehingga jangan sampai overload, pastikan juga kuota paket yang akan kita beli sesuai dengan kebutuhan website dan jangan sampai di tengah bulan kita kehabisan kuota. Jika website kita benar-benar rakus akan resource, tidak ada salahnya anda memilih paket unlimited atau unmetered agar lebih tenang.

Kehandalan dan Kecepatan Akses
Pastikan juga minimal server uptime 99,9%, sebab jika kemudian hari website sedang tidak bisa dibuka karena server mengalami down, maka akan sangat merugikan anda sendiri. Oleh karena itu sangat penting sekali memastikan web hosting yang anda pilih dapat diandalkan. Selain kekuatan, kecepatan juga penting, jangan sampai website anda responnya lama karena kualitasnya yang tidak bagus, jadi anda bisa tanyakan pada providernya menggunakan server dari datacenter mana? atau ada dapat minta dulu layanan trial hosting untuk percobaan dalam beberapa hari untuk melihat kualitas dan kehandalan server nya. Manfaatkan hal ini dengan baik dan jangan salah pilih.

Platform Yang Tersedia
tips terakhir memilih web hosting yang baik untuk website adalah dengan melakukan cek pada dukungan script/platform yang disediakan. Misal saja kita ingin menggunakan Platform WordPress sebagai CMS pada website kita, maka penyedia hosting yang harus kita pilih adalah yang memiliki dukungan atau support pada script WordPress CMS. Atau coba tanyakan pada providernya tentang ketersediaan auto installer seperti softaculous atau fantastico agar lebih memudahkan kita dalam memilih platform CMS website kita.
Masih banyak juga tips-tips lainnya, karena ada keterbatasan waktu kami hanya sedikit berbagi tips yang minimal dapat anda jadikan langkah terbaik dalam memilih hosting terbaik, semoga bermanfaat.

Back to home