PENGERTIAN DAN ARTI VPS


Virtual Private Server (VPS) merupakan sebuah server yang dibagi-bagi menjadi beberapa Virtual Machines ( VM ), dan pada setiap Virtual Machines merupakan “Virtual server” yang dapat di install system operasi tersendiri. VPS terasa seperti sebuah Dedicated Server, bedanya jika dedicated berbentuk secara fisik.

Perbedaan VPS dengan shared hosting adalah, di dalam VPS kita akan mendapatkan resource yang lebih tinggi pasti, mulai penggunaan CPU, Memory, maupun spacenya. Jika kita ibaratkan seperti ruangan kita pakai sendiri, sedangkan shared yang lebih cenderung berbagi ruangan. Sehingga bagi mereka yang menggunakan VPS maka tidak akan terganggu, jika ada problem pada website tetangga anda dalam 1 server yang overload. Dengan menggunakan VPS kita juga mendapatkan root akses sehingga lebih leluasa dalam mengkustomasi server sesuai kebutuhan anda. Oleh karena itu diharuskan anda memiliki skill kemampuan dalam mengelola server sendiri. Ketika kita membeli shared hosting maka harga sudah termasuk dengan license control panel (cPanel, DirectAdmin, Plesk) dan juga license AutoInstaller (Softaculous, Fantastico) dan beberapa license lainnya. Sedangkan yang terjadi pada VPS sangat berbeda, kita tidak mendapatkan seperti shared hosting, semua managed server kita kelola sendiri, mulai license control panel, license auto installer (softaculous, fantastico) kita beli dan cari sendiri. jika kita ingin bantuan kita harus membeli support tersebut, managed VPS, normalnya 10-30 USD per bulan.

Antarmuka VPS sangat berbeda dengan shared hosting, kebanyakan shared hosting memakai cPanel pada setiap pembeliannya, sehingga telah siap kita pergunakan tanpa perlu beli license. Sedangkan Untuk VPS, jika kita ingin memakai cPanel kita harus membeli lisensi tambahan lagi atau kita dapat menggunakan control panel open source.

Fungsi kegunaan dan Kelebihan VPS dibanding Dedicated Server antara lain VPS lebih Fleksibel. Anda hanya perlu membayar resource yang anda butuhkan, nanti jika kebutuhan meningkat, bisa di upgrade tahap demi tahap. Adapun fungsi kegunaan VPS pada umumnya adalah :

Tunneling
tunneling ini sebenarnya hanyalah sebuah jalur untuk mengelola VPS, khususnya VPS yang menggunakan OS Linux, tetapi dengan adanya fitur port forwarding, tunneling ini bisa digunakan untuk mengakses internet menggunakan koneksi VPS milik kita.

VPN ( Virtual Private Network )
Virtual Private Network (VPN) dapat juga berfungsi mirip seperti SSH Tunneling tetapi jalur enkripsi dan metodenya saja yang berbeda, VPN lebih mudah digunakan namun instalasinya yang sedikit rumit. Secara sederhana VPN yaitu mengubah IP menjadi IP VPS tersebut. ( Konten – VPS – ISP – Komputer anda ). Jadi alurnya mengubah IP karena Konten akan melewati VPS Terlebih dahulu sebelum mengirim ke ISP anda,lalu ke Komputer anda..

Proxy
Proxy. Proxy berfungsi mirip seperti VPN,tetapi tidak seleluasa VPN dalam penggunaanya. Proxy juga dapat di buat di VPS, tetapi tidak banyak yang menggunakan VPS untuk proxy karena Tunneling dan VPN jauh lebih mudah digunakan, proxy kegunaanya hampir sama dengan VPN dan Tunneling, masking IP menggunakan server VPS kita.

Hosting
VPS dapat difungsikan menjadi tempat menyimpan Web anda. Anda dapat dengan leluasa menggunakan resource VPS anda untuk Web Pribadi anda juga. Seperti yang telah saya jelaskan diatas, Fungsi kegunaan VPS yang sebenarnya adalah untuk hosting website dan di tujukan bagi orang yang membutuhkan banyak resource untuk websitenya. VPS dapat digunakan untuk menyimpan File-file yang ingin anda bagikan secara Online dengan orang-orang disekitar anda atau ke publik.

Multi Media
VPS juga dapat dipergunakan untuk Game Private Server seperti Ragnarok, RF Online, Minecraft, dan lain-lainnya. VPS juga bisa digunakan untuk encode video, karena encode video biasanya membutuhkan waktu yang lama, VPS menjadi piliha karena bisa menyala terus selama 24 jam, bahkan bisa 1 bulan penuh jika servernya mampu.

Demikian beberapa fungsi kegunaan VPS yang sangat berguna bagi yang sering menggunakannya. Masih banyak lagi kegunaan dari VPS, disini saya hanya menyebutkan yang umum digunakan saja dan jangan disalahgunakan VPS untuk hal buruk yang tidak baik, sehingga mengakibatkan IP address VPS anda akan terblokir. Semoga menambah wawasan anda...Wassalam

Harga VPS Selengkapnya..